Akar Wangi sebagai obat rematik

Tanaman Obat :Tanaman yang tumbuh dinegeri kita ternya sangat banyak manfaat dan kegunaanya. Nenek moyang kita telah banyak menggunakannya untuk mengobati berbagai penyakit. Jaman dulu dokter belum ada yang ada hanya tabib, biasanya tabib melakukan pengobatan dengan menggunakan media tanaman yang diramu menjadi obat, dari banyak penelitian ternyata jamu atau obat yang berasal dari tumbuhan nyaris tidak mempunyai efek samping yang akan ditimbulkan jika digunakan dengan benar, tidak seperti obat-obatan kimia yang mempunyai efek samping dalam penggunaannya.
Anda mungkin sering mendengar perihal tentang tumbuhan akar wangi, dari penelitian BBPT, ternyata akar wangi dapat digunakan untuk mengobati rematik.



Ciri-ciri tumbuhan akar wangi:
Rumput menahun, tinggi dapat mencapai 1 meter. Batang lunak, beruas-ruas, berwarna putih. Daun tunggal, bentuk pita, ujung runcing. Pelepah memeluk batang, warna hijau keputih-putihan. Perbungaan bentuk bulir di ujung batang. Buah padi, berduri, berwarna putih kotor. Akar termasuk akar serabut berwarna kuning. Bagian yang digunakan adalah bagian Akar yang digunakan sebagai minyak atsiri.
Akar wangi memiliki Nama Lokal, atau nama yang berbeda disetiap daerah : Useur (Gayo); Hapias, Usar (Batak); Akar babau (Minangkabau); Akar banda (Timor); Iser, Morwastu (Sumatera Utara); Usa, Urek usa (Makasar); Janur, Narawastu, Usar (Sunda); Larasetu, Larawastu, Rarawestu (Jawa).
Sementara NAMA ASING dari NAMA SIMPLISIA-nya : Vitiveriae Radix (Akar wangi), Oleum Vitiveriae aetheriae (Minvak Akar wangi).
Akar wangi memiliki Khasiat Diaforetik.
Penyakit Yang Dapat Diobati Antara lain
- Bau mulut (obat kumur).
- Rematik (obat luar).

Cara pemanfaatannya :

RAMUAN DAN TAKARAN

Napas/Mulut bau
Ramuan:
Akar wangi beberapa potong
Daun Sirih segar 2 lembar
Herba Pegagan segar 1 genggam
Buah Kapulaga 6 butir
Air 110 ml

Cara pembuatan:
Dibuat sebagai obat kumur.

Cara pemakaian:
Untuk berkumur 2 kali sehari, tiap kali pakai 100 ml Bila perlu dapat diencerkan dengan air hangat, sebagian dapat ditelan karena tidak berbahaya.

Jadi anda tidak perlu membeli obat kumur jika mulut anda bau dan jika anda terkena penyakit rematik, anda tinggal mencari minyak akar wangi dan kemudian oleskan dibagian yang terkena rematik.